Sejarah Singkat Kecamatan Kutambaru

Kecamatan Kutambaru lahir sekitar 3 ( tiga ) Bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta.

Pada sekitar bulan November 1945, di kaki Bukit Barisan , tempatnya di Marijke dan selanjutnya setelah mendapat Informasi tentang Proklamasi Kemerdekaan para pejuang mengadakan Upacara Pengibaran Bendera Sang merah Putih dan mengumumkan secara resmi bahwa Kemerdekaan Indonesia telah diproklamasikan pada 17 agustus 1945 di Jakarta.

Acara pengibaran Bendera diikuti oleh para Pejuang masa itu, diantaranya :

Ranggut sembiring ( PNI ), NAIF KARIM (BAI-B , T.Alaam Siregar ( Perwari ), Marmunah ( Perwari ), Lembuki PA ( Pesindo ) Raja Ngaku PA ( Bat Bambu Runcing ), Rubinah Lelang Kembaren, Kersing, Sanggup PA, Ngujur Sembiring, Terum Ginting, Berani Bangun, Sabar bangun, Soni bangun, dan Lain-lain. Pada Upacara Pengibaran Bendera tersebut diikuti sekitar 15 – 20 orang pejuang di depan rumah panggung milik Toke Patal.

 

Selesai Upacara Bendera , para pejuang mengadakan rapat di dalam rumah panggung milik Toke Patal, hasilnya secara musyawarah dan mufakat menyatakan bahwa : memberi nama tempat pelaksanaan Upacara Bendera tersebut dengan nama KUTA SI MBARU ( Kuta Mbaru) dan menyatakan terbentuknya KECAMATAN KUTAMBARU dalam sistem pemerintahan Kesultanan Langkat, dan sebagai Camat Diangkat RANGGUT SEMBIRING. Mulai saat itu lahirlah Kecamatan Kutambaru sebagai salah satu hasil perjuangan masyarakat pribumi ( Boemi Poetra ).

Lahirnya Kecamatan Kutambaru merupakan trobosan baru dalam sistem Pemerintahan, sebab sebelumnya istilah Kevamatan tidak dikenal yang ada adalah Kewedanaan, yang dipimpin seorang Asisten Wedana . Kecamatan Kutambaru berdiri Pendiri dan berpusat di Marijke.

Pada tanggal 17 Agustus 1950, setelah Negara RIS dibubarkan, maka terbitlah kembali NKRI dan kembali ke UUD 1945, Berkaitan dengan hal itu, pusat pemerintahan Kewedanaan Langkat Hulu yang semula mengungsi ke Pangkalan Berandan, dikembalikan lagi ke Binjai

( Disarikan dari Buku “ Mengenal Lebih Dekat Kecamatan Kuta Mbaru”, karangan KASNAN MZLi : 2016 ).

Bagikan